Perbedaan Penggunaan ‘Believe’ dengan ‘Trust’ Beserta Contohnya


STUDENTA- Hallo studenta, semoga dalam keadaan sehat dan bahagia. Studenta sama halnya dengan postingan sebelumnya bahwa dalam bahasa Inggris terdapat begitu banyak vocabulary yang memiliki arti yang sama. Namun tak jarang meski artinya sama tapi penggunaannya yang berbeda.

Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan penggunaan kata ‘believe’ dengan kata ‘trust’. Jika kita meilihat dari arti, keduanya dapat diartikan ‘percaya’. Keduanya memiliki penggunaan masing-masing. Kira-kira bagaimana cara kita menggunakan kata tersebut dengan tepat, mari kita simak penjabarannya berikut ini.

BELIEVE

Kata ‘believe’ termasuk ke dalam kata keja atau verb yang memiliki arti berarti percaya / mempercayai. Maksudnya believe merupakan penerimaan sesuatu hal sebagai suatu kebenaran. Kata ‘believe’ juga bisa dimaknai sebagai menerima suatu hal yang dipercayainya.

Kata ini juga digunakan ketika kita mengungkapkan rasa percaya sebagai pendapat pribadi namun belum pasti dipercaya oleh kebanyakan orang atau belum 100% percaya.

Contoh kalimat penggunaan kata ‘believe’

  • I believe I saw them last night
    (Saya percaya saya melihat mereka bersama)
  • We don’t have to believe it
    (Mereka tidak harus mempercayai itu)
  • I believe she can do it
    (Saya percaya dia bisa menyelesaikan ini)
  • Why should I believe Tania now? She once lied to me
    (Mengapa saya harus percaya pada Tania sekarang? Dia pernah membohongiku)
TRUST

Kata ‘trust’ termasuk ke dalam verb atau kata kerja dan noun atau kata benda yang juga memiliki arti percaya atau bisa juga menaruh kepercayaan dan tanggung jawab. Terdapat perbedaan antara believe dan trust, yakni terletak pada makna yang lebih dalam dari masing-masing kata.

Trust sendiri memiliki makna yang lebih dalam sebagai keyakinan atau kepercayaan yang kuat terhadap suatu hal atau pada seseornag. Trust bukan hanya perasaan percaya yang menjadi pendapat pribadi namun juga keyakinan dan kepercayaan yang kuat dan diyakini oleh orang lain.

Jika believe belum percaya 100% maka trust merupakan kepercayaan yang mencapai 100%.

Contoh kalimat penggunaan kata ‘trust’

  • He don’t trust me
    (Dia tidak percaya padaku)
  • She is trying so hard to win the trust of her mother
    (Dia mencoba sangat keras untuk mendapatkan kepercayaan ibunya)
  • I let my sister drive my new car because I trust her
    (Saya mengizinkan saudara perempuan saya menyetir mobil baru saya karena saya mempercayainya)
  • Can you trust me?
    (Bisakah kamu mempercayaiku?)
  • She don’t want my help because she don’t trust me
    (Dai tidak ingin bantuanku karena dia tidak mempercayaiku)

Jadi kata ‘believe’ berarti percaya yang menunjukkan kepercayaan akan kebenaran suatu hal. Sedangkan kata ‘trust’ berarti percaya yang menunjukkan kepercayaan akan kemampuan seseorang atau sesuatu hal. Nah diantara keduanya, pada konteks tertentu kata ‘trust’ memiliki tingkat kepercayaan yang lebih dalam dibandingkan pada kata ‘believe’.

Demikian penjelasan perbedaan antara ‘believe’ dengan ‘trust’. Mudah-mudahan studenta dapat membedakan penggunaan antara keduanya dan dapat mengaplikasikan dalam tulisan maupun ketika kita sedang berbicara. Mari kita belajar dan berdiskusi bersama. Jika ada saran, kritik, sanggahan, maupun kekeliruan, boleh banget studenta tinggalkan dikolom komentar atau hubungi kontak yang tersedia di website ya. Semoga bermanfaat.

Stay safe, stay healthy, and thank you for reading!


What's Your Reaction?

Terharu Terharu
0
Terharu
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
1
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
1
Suka
Lusi Nurkhayati
Menyapa lewat kata, melihat dengan nurani, berbagi melalui tulisan di sini, berharap tetap abadi.

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *