Penulisan [ Let’s Join Us ], Seperti Apa yang Benar?





STUDENTA- Hallo Students !!! pada kesempatan kali ini kita akan membahas penggunaan kalimat ajakan yang benar dalam Bahasa Inggris. Tentu dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan poster-poster yang menggunakan headline :

  1. Let’s join us
  2. Let’s join
  3. Let join us

Kira-kira kita pernah menjumpai ketiganya? Mari kita beri penjelasan satu persatu, manakah penggunaan kalimat ajakan yang tepat? Simak penjelasan berikut :

Let’s Join Us

Kalimat di atas adalah kalimat ambigu yang didalamnya memiliki dua kosa kata serupa dalam satu frasa. Sementara aturan dalam satu frasa / kalimat tidak boleh menggunakan atau mengulang kata yang sama, jika hal demikian terjadi maka akan menghasilkan kalimat yang ambigu.

Kata Let’s merupakan kepanjangan dari “Let Us”, sehingga penerjemahan kalimat di atas sangat ambigu karena akan menjadi “Let us join us”. Pertanyaannya apa itu kalimat ambigu?

Kalimat ambigu adalah kalimat rancu yang memiliki dua makna, (coba aja search di google), sehingga akan menimbilkan perbedaan makna dan informasi yang hendak disampaikan.

Contohnya : “Let’s join us vacation tomorrow” (kalimat ini tidak tepat).

Let’s Join

Kalimat Let’s join adalah kalimat ajakan yang tepat untuk digunakan. Tentu karena pola kalimat tidak memiliki makna ambigu seperti kalimat ‘Let’s join us’ di atas. Let’ join merupakan kepanjangan dari “Let join us”.

Contohnya : “Let’s join vacation tomorrow” (kalimat tepat digunakan (♥)

Let Join Us

Nah, kalau kalimat yang satu ini, adalah kalimat ajakan yang bersifat alternatif. Sobat tidak salah apabila ingin menggunakan kalimat ini. Apa lagi jika berhubungan dengan hal-hal mendesak, seperti tampilan desain gratis grafis yang akan di buat.

Contohnya : “Let join us vacation tomorrow” (kalimat tepat digunakan (♥)

Nah, dari uraian di atas semoga students sudah bisa membedakan bagaimana cara menulis kata Let’ Join Us yang bener ya. Kalau ga bisa emang kebangeten. Coba baca berulang-ulang dari atas ke bawah dari bawah ke atas hehe.

Demikian pembahasan singkat tentang penggunaan kalimat ajakan yang benar dalam Bahasa Inggris. Mudah-mudahan bermanfaat buat students semua. See You next post.

Thank’s for Reading !

Follow idstudenta




 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Studenta ID (@idstudenta)


What's Your Reaction?

Terharu Terharu
1
Terharu
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
8
Suka
Sri Winda Utami
Everyone is a teacher and every place is a school

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *