Materi Kelas 9 : Chapter X (Come and Visit Us !)


STUDENTA – Hallo studenta, tetap semangat belajar dan semoga sehat selalu ya. Postingan kali ini akan membahas materi Chapter X mata pelajaran Bahasa Inggris bagi siswa siswi SMP/MTs kelas 9 semester II mengenai Advertisement. Materi ini diharapkan menjadi salah satu bahan referensi belajar bagi siswa maupun referensi mengajar bagi guru.

Mari kita simak penjabaran tentang Advertisement.

Pengertian

Advertisement atau iklan merupakan salah satu jenis Short Functional text / teks fungsional pendek. Iklan yakni suatu cara untuk mempromosikan barang atau jasa kepada khalayak umum melalui media, baik itu media elektronik maupun media cetak. Iklan adalah pemberitahuan komersial yang bertujuan agar khalayak ramai mengenal / mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan. Tujuan akhir dari iklan yaitu agar masyarakat umum menggunakan, memakai, dan atau membeli produk dan jasa yang dipromosikan.

Iklan selain digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa, juga digunakan untuk memberi informasi kepada orang-orang mengenai suatu hal. Contohnya yakni iklan lowongan pekerjaan / Job Vacancy. Ciri-ciri dari iklan yakni menggunakan Bahasa yang meyakinkan / persuasive, menggunakan kalimat yang mudah dipahami, singkat padat, dan jelas, serta menggunakan gambar yang menarik dan tentunya memikat pembaca.

Tujuan

Beberapa tujuan dari Advertisemnet yakni sebagai berikut:

  1. Untuk menginformasikan dan menarik perhatian yang berfungsi untuk membujuk orang.
  2. Untuk mendorong atau membujuk audience (pembaca, perndegar, atau penonton) untuk melanjutkan atau mengambil beberapa Tindakan baru.
  3. Untuk mengumumkan suatu hal tentang suatu produk atau jasa kepada masyarakat agar dapat membeli dan tertarik dengan produk ata jasa yang diiklakan.

Struktur Text

Ada banyak struktur teks dalam iklan. namun, dalam pembelajaraan ini struktur teks yang ada dalam iklan yakni:

  • Headline
    Headline yakni sebaris kata dengan huruf besar sebagai judul dari suatu iklan. Pada bagian ini bisa dibilang sebagai point utama dalam suatu iklan.
  • Sub-Headline
    Sub-headline yaitu memberikan rincian lebih lanjut tentang produk atau jasa.
  • Picture
    Picture atau gambar adalah ilustrasi apa saja yang digunakan untuk menarik pembaca.
  • Benefit (optional)
    Benefit atau manfaat yakni hal-hal yang dapat diperoleh pelanggan dari suatu produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Call-to-action
    Call-to-action yaitu Tindakan yang harus dilakukan pelanggan atau nomor kontak yang dapat pelanggan hubungi jika mereka tertarik dengan iklan yang ditawarkan.

Informasi yang Dapat Kita Peroleh dari Iklan

Beberapa informasi yang didapatkan dalam sebuah iklan yakni:

  • Goods / services (Barang / jasa)
  • Varieties (Varietas)
  • Price (Harga)
  • Time / place (Waktu / tempat)
  • Contact number / email address (Nomor kontak / alamat email)
  • Selling points / promoting words (point penjualan / kata-kata promosi

Ada dua jenis iklan tertulis yang mudah ditemui di dalam surat kabar, yakni iklan display and classified advertisement (iklan display dan iklan baris).

Contoh Classified Advertisment

Classified advertisement atau iklan baris terdiri dari beberapa baris dalam kolom tanpa gambar.

COURSESFOR SALE
Studenta English course. English for children, SD & SMP students. Interesting events in English. Experienced & professional teachers. For further info, visit studenta.idBrand new 3-bedroom houses. Marble floors, swimming pool, big sinks, shower and bath. Near market, hospital, and bus terminal. Call Poclothcom, 080123456789

Contoh Display Advertisement


Didalam display advertisement mencakup beberapa aspek didalammnya. Beberapa aspek tersebut sesuai dengan contoh iklan diatas yakni sebagai berikut:

  • Pertama, adanya topic. Yakni berkaitan dengan iklan tersebut mempromosikan tentang apa. Contohnya promoting English course (mempromosikan kursus Bahasa Inggris).
  • Kedua, adanya purpose. Yakni tujuan dari apa yang kita iklankan. Contohnya to persuade the readers to join English Course (untuk membujuk pembaca agar bergabung dengan kursus Bahasa Inggris).
  • Ketiga, adanya target readers. Yakni berkaitan dengan target pelanggan yang akan menggunakan atau membeli produk yang kita iklankan. Contohnya Parents (orang tua), Elementary and Junior High School Students (siswa siswi SD dan SMP)

Contoh informasi yang dapat kita peroleh dari iklan

Good / ServicesStudenta English Courses
VarietiesFor SD and SMP students
Time / PlacesPOCLOTH Education Center
Contact number / Email addressQIQI, 0856 2633 229 / poclothmedia@gmail.com
Selling points / promoting- Professional trainers
- Free modul
- 1 month feee for the first 100 applications

Demikian materi tentang Advertisement untuk siswa siswi SMP/MTs kelas IX. Jika ada kesalahan mapun kekeliruan silakan bisa disampaikan ke tim studenta ya. Mari belajar Bersama. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan baik bagi yang masih jadi pelajar maupun bagi masayarakat umum. Thanks for reading. Stay safe and stay healthy. See you.

Download Materi

Download (288)


What's Your Reaction?

Terharu Terharu
0
Terharu
Sedih Sedih
1
Sedih
Bingung Bingung
6
Bingung
Marah Marah
1
Marah
Suka Suka
5
Suka
Lusi Nurkhayati
Menyapa lewat kata, melihat dengan nurani, berbagi melalui tulisan di sini, berharap tetap abadi.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *