Materi Kelas 9 : Chapter VII (Sangkuriang)


28 shares

STUDENTA- Hallo studenta, semoga dalam keadaan sehat dan masih tetap semangat untuk memasuki bab baru dalam belajar bahasa Inggris. Setelah melalui semester ganjil (I) yang panjang dan penuh perjuangan, kini kita berjumpa di awal semester genap (II). Semoga hasil belajar studenta disemester lalu memuaskan dan apabila masih ada yang perlu ditanyakan berkaitan dengan materi semester genap; silakan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar atau bisa juga hubungi kami melalui kontak yang tertera di web studenta ya.

Postingan kali ini kita akan membahas materi Chapter VII mata pelajar Bahasa Inggris bagi siswa siswi SMP/MTs kelas 9 semester II mengenai Narrative text. Materi ini diharapkan mejadi salah satu bahan referensi belajar bagi siswa maupun referensi mengajar bagi guru.

Narrative Text

Narrative text atau teks naratif yaitu sebuah teks karangan baik fiksi maupun non fiksi. Adapun teks tersebut bertujuan untuk menghibur pembaca atau pendengar. Terdapat kesaamaan antara recount text dan narrative text, namun perlu diingat bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keduanya.

Narrative text didalamnya memiliki permasalahan dan berakhir dengan penyelesaian. Sedangkan recount text didalamnya lebih menekankan pada serangkaian kejadian-kejadian yang terjadi pada masa lalu/lampau.

Teks naratif dapat berupa cerita fiksi, cerita non fiksi, cerita rakyat (folktales), dongeng (fairy tales), legenda (legends), mitos (myths), cerita binatang (fable), dan sebagainya. Di Indonesia sendiri, banyak sekali teks naratif seperti cerita Si kancil, Rorojonggrang, Malin Kundang, Legenda Danau Toba, dan masih banyak lagi.

Selain teks naratif yang fiksi, ada juga teks naratif yang non fiksi seperti pengalaman hidup seseorang yang didalamnya terdapat konflik dan diakhiri dengan solusi. Didalam cerita narrative text terdapat dua akhir cerita/ ending yakni happy ending dan sad ending.

Dalam chapter ini, kita akan berfokus pada teks naratif folktale (cerita rakyat). Folktale adalah teks naratif yang menceritakan sebuah kisah yang utamanya digunakan untuk menghibur atau menghibur pembaca atau pendengar.

Seperti kebanyakan teks naratif lain, folktale biasanya terdiri dari tiga bagian, yakni:
  • Orientation
    Bagian ini biasanya dapat ditemukan pada paragraph pertama. Pada bagian ini, penulis memperkenalkan karakter/ tokoh dan setting (tempat dan waktu) terjadinya cerita.
  • Complication(s)
    Pada bagian ini, karakter utama menghadapi permasalahan atau terdapat konflik yang terjadi di dalam cerita.
  • Resolution(s)
    Resolution atau pemecahan yakni pada bagian ni menceritakan bagaimana permasalahan atau konflik yang terjadi dalam cerita terselesaikan. Pada bagian ini juga memungkinkan adanya lebih dari satu pemecahan masalah yang terjadi.

Contoh narrative text dari Buku Guru Bahasa Inggris / Think Globally Act Locally
Folktale from West Java. The title is “Sangkuriang”

SANGKURIANG
  1. Once upon a time in West Java, Indonesia, lived a princess named Dayang Sumbi. She was beautiful and kind-hearted. Her hobby was weaving cloth. But sometimes she could be very lazy. One day her weaving tool fell, but she was too lazy to get it herself. She shouted out, “Can anybody help me get my tool? If you are a female, I will take you as my sister. If you are a male, I will marry you!”
  2. A male creature came, but it was a dog. His name was Tumang. He happily brought the tool to her. Dayang Sumbi was very surprised, but she kept her promise. She married the dog. Tumang was actually a man who had been cursed by a witch to become a dog. But at certain times Tumang could turn back to be a normal man. Their only son, Sangkuriang, was soon born, and he grew up to be a handsome and healthy boy. He always played with his very loyal dog, Tumang. He did not know that he was actually his father, because Dayang Sumbi hid the secret from him. Sangkuriang liked to hunt in the woods, of course with Tumang.
  3. One day Dayang Sumbi asked him to bring home a deer’s heart. But, after hunting for several days, he could not find any deer in the woods. He did not want to disappoint his mother and was thinking hard how to bring home a deer’s heart. Suddenly, he had a very bad idea. He killed Tumang! Then, he brought his heart home and gave it to Dayang Sumbi.
  4. Sangkuring could not cheat her. She knew it was Tumang’s heart. So, she got very angry and hit Sangkuriang’s forehead with a piece of wood and told him to leave. With a bad wound on his forehead, Sangkuriang left the village.
  5. Many years later, Sangkuriang grew up to be a powerful man. One day he went back to his village. He met a beautiful young woman there, and he fell in love with her at the first sight. It was Dayang Sumbi! She never got older because she had been granted eternal youth by the gods. Sangkuriang did not know that she was his mother, so he came to her and proposed to marry her.
  6. When he walked closer to her, Dayang Sumbi got very surprised. She saw the scar in Sangkuriang’s forehead, and soon she knew that he was her son, who left her a long time ago. She told him the truth and tried hard to explain it to him, but he did not believe her. She did not want to break his heart, so she accepted his proposal but gave him an impossible thing to do. She wanted him to build a lake and a boat in just one night!
  7. Sangkuriang agreed, because he knew that he could make it with the help of his genies. By midnight he finished the lake and then started making the boat. Dayang Sumbi was thinking hard to find a way to fail him. Before dawn, she asked the people in the village to burn the woods in the East, and the light made all the cocks crow. Thinking that the night would be over soon, the genies ran fast and left Sangkuriang before the boat was finished. Sangkuriang realized that Dayang Sumbi had cheated him. He got very angry and he kicked the boat upside down. It gradually became a mountain and it is now known as Mt. Tangkuban Perahu.

Terjemahan oleh Studenta:
Cerita rakyat dari Jawa Barat. Judulnya adalah “Sangkuriang”

SANGKURIANG
  1. Pada suatu hari di Jawa Barat, Indonesia, hiduplah seorang putri bernama Dayang Sumbi. Dia cantik dan baik hati. Hobinya adalah menenun kain. Tetapi terkadang dia sangat pemalas. Suatu hari alat tenunnya jatuh, tapi dia sangat malas untuk mengambilnya sendiri. Dia berteriak, “Adakah yang bisa membantu saya mengambilkan alat saya? Jika kamu seorang wanita, saya akan menganggapmu sebagai saudara perempuan saya. Jika kamu seoarang lelaki, saya akan menikahimu!”
  2. Makhluk laki-laki datang, tetapi itu adalah seekor anjing. Namanya adalah Tumang. Dengan gembira dia mengambilkan alat tersebut untuknya. Dayang Sumbi sangan terkejut, tetapi dia menepati janjinya. Dia menikahi anjing tersebut. Tumang sebenarnya adalah seorang pria yang dikutuk oleh penyihir menjadi seekor anjing. Tetapi pada waktu-waktu tertentu Tumang bisa kembali menjadi manusia normal. Putra tunggal mereka, Sangkuriang, segera lahir dan dia tumbuh menjadi anak yang tampan dan sehat. Dia selalu bermain dengan anjing setianya, Tumang. Dia tidak tahu bahwa dia sebenarnya adalah ayahnya, karena Dayang Sumbi menyembunyikan rahasia tersebut darinya. Sangkuriang suka berburu di hutan, tentu saja dengan Tumang.
  3. Suatu hari Dayang Sumbi memintanya untuk membawa pulang hati rusa. Tapi, setelah berburu beberapa hari, dia tidak mendapatkan satupun rusa di hutan. Dia tidak ingin mengecewakan ibunya dan berpikir keras bagaimana untuk membawa pulang hati rusa. Tiba-tiba, dia memiliki ide yang sangat buruk. Dia membunuh Tumang! Kemudian dia membawa hatinya pulang dan memberikannya kepada Dayang Sumbi.
  4. Sangkuriang tidak bisa menipunya. Dia tahu itu adalah hati Tumang. Jadi, dia sangat marah dan memukul dahi Sangkuriang dengan sepotong kayu dan menyuruhnya pergi. Dengan luka parah di dahinya, Sangkuriang meninggalkan desa.
  5. Beberapa tahun kemudian, Sangkuriang tumbuh menjadi laki-laki yang sangat kuat. Suatu hari dia Kembali ke desanya. Dia bertemu seorang gadis cantik disana, dan dia jatuh cinta dengannya pada pandangan pertama. Itu adalah Dayang Sumbi! Dia tidak pernah menua karena dia telah diberikan awet muda oleh para dewa. Sangkuriang tidak tahu bahwa dia adalah ibunya, jadi dia datang padanya dan melamarnya.
  6. Saat berjalan mendekatinya, Dayang Sumbi menjadi sangat terkejut. Dia melihat bekas luka di dahi Sangkuriang, dan segera dia tahu bahwa dia adalah putranya, yang telah meninggalkannya sejak lama. Dia mengatakan yang sebenarnya dan berusaha keras untuk menjelaskannya kepadanya, tetapi dia tidak mempercayainya. Dia tidak ingin menghancurkan hatinya, jadi dia menerima lamarannya tetapi memberinya hal yang mustahil untuk dilakukan. Dia ingin dia membangun danau dan perahu hanya dalam satu malam!
  7. Sangkuriang setuju, karena dia tahu bahwa dia bisa berhasil dengan bantuan jinnya. Pada tengah malam dia menyelesaikan danau dan kemudian mulai membuat perahu. Dayang Sumbi berpikir keras untuk menemukan cara untuk menggagalkannya. Sebelum fajar, dia meminta orang-orang di desa untuk membakar hutan di Timur, dan cahaya membuat semua ayam berkokok. Berpikir bahwa malam akan segera berakhir, para jin berlari kencang dan meninggalkan Sangkuriang sebelum perahunya selesai. Sangkuriang menyadari bahwa Dayang Sumbi telah menipunya. Dia menjadi sangat marah dan dia menendang perahu itu hingga terbalik. Secara bertahap menjadi gunung dan sekarang dikenal sebagai Gn. Tangkuban Perahu.
Pada contoh cerita rakyat diatas, orientation ada pada paragraph satu dan dua. Complication atau permasalahan pada cerita ada pada paragraph tiga, empat, dan lima. Dan resolution atau pemecahan ada pada paragraph enam dan tujuh.

Demikian materi bahasa Inggris chapter VII SMP/MTs semester II tentang Narrative Text. Ada banyak sekali cerita rakyat yang ada di Indonesia. mungkin salah satu cerita rakyat yang sangat terkenal berasal dari daerah studenta semua. Meski kita mempelajari bahasa Inggris namun tetap harus cintai budaya Indonesia.

Studenta bisa belajar meningkatkan keahlian menulis dalam bahasa Inggris dengan menerjemahkan cerita rakyat yang ada di Indonesia. Jadi studenta bisa belajar chapter VII sekaligus meningkatkan skill bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan apabila ada kekeliruan atau saran dari studenta semua, silakan sampaikan di kolom komentar ya. Tetap jaga Kesehatan dan sampai jumpa di postingan berikutnya. Thanks for reading!

Download PDF

Download (641)


What's Your Reaction?

Terharu Terharu
41
Terharu
Sedih Sedih
52
Sedih
Bingung Bingung
171
Bingung
Marah Marah
49
Marah
Suka Suka
159
Suka
Lusi Nurkhayati
Menyapa lewat kata, melihat dengan nurani, berbagi melalui tulisan di sini, berharap tetap abadi.

4 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *