STUDENTA- Hallo studenta, tetap semangat belajar dan semoga sehat selalu ya. Kita akan memasuki bab baru di semester II ini. Postingan kali ini akan membahas materi Chapter IX mata pelajaran Bahasa Inggris bagi siswa siswi SMP/MTs kelas 9 semester II mengenai teks Information Report. Materi ini diharapkan menjadi salah satu bahan referensi belajar bagi siswa maupun referensi mengajar bagi guru.
Tahukah studenta apakah itu teks information report? Teks information report merupakan teks yang memaparkan fakta umum tentang suatu objek secara obyektif. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjabarannya berikut ini.
Pengertian
Teks information report merupakan salah satu jenis teks yang memaparkan hasil penyelidikan atau memberikan informasi tentang sesuatu, dimana biasanya informasi yang terdapat dalam teks information report yakni informasi yang sangat umum dan biasanya juga bersifat ilmiah. Studenta harus bisa membedakan antara report text dengan descriptive text.
Perbedaan antara keduanya adalah jika report text yakni menjelaskan suatu laporan dimulai dari informasi umum atau general hingga detailnya, seperti deskripsi fisik (physical description), habitat, makanan (diet), sistem perkembangbiakan (breeding system), dan lain sebagainya. Selain itu subjek dalam report text tidak spesifik melainkan umum. Sedangkan descriptive text sendiri menjelaskan sesuatu yang khusus atau spesifik.
Tujuan Teks Information Report
Report text memiliki fungsi sosial yakni untuk menyajikan sebuah informasi tentang suatu hal secara general kepada para pembaca. Studenta harus tahu bahwa secara umum report text menggambarkan sesuatu yang sifatnya berkenaan dengan buatan manusia, fenomena alam, serta social di lingkungan sekitar kita, misalnya tentang hewan-hewan, fenomena alam, planet-planet, dan lain-lain. Sedangkan report text bersifat ilmiah sebab menyajikan fakta-fakta dari hasil observasi atau penelitian.
Berikut adalah informasi tentang bagaimana information report ditulis.
-
General Structure
Struktur umum report text ada tiga yakni:
- Title
Title atau judul memberi tahu pembaca tentang apa information report itu
_ - General Statement/ Classification
General statement mengklasifikasikan dan menamai kelas dari sesuatu atau bagian dari hal yang sedang dijelaskan. Ini juga memprediksi konten tahap Deskripsi. Secara umum general statement/classification berisi tentang pernyataan umum yang menerangkan objek report, klasifikasinya, dan keterangan.
_ - Description
Description mungkin berisi beberapa paragraf. Ini dibagi menjadi beberapa sub-bagian, yang masing-masing menjelaskan komponen tertentu. Setiap paragraf sub-bagian dimulai dengan kalimat topic yang memberi tahu pembaca fokus paragraf. Urutan informasi yang disajikan cenderung mencerminkan kepentingan relative masing-masing; misalnya, informasi terpenting cenderung dideskripsikan terlebih dahulu.
_
- Title
-
Unsur Kebahasaan
Dalam teks information report pada umumnya terdapat beberapa unsur kebahasaan sebagai berikut:
- Kata benda umum (General Noun)
General noun yakni kata yang merujuk pada suatu hal secara general atau umum. Contohnya tigers are wild (Harimau itu liar). Dari contoh kalimat tersebut yakni harimau yang dimaksud adalah harimau secara umum, tidak spesifik pada salah satu harimau tertentu.
_ - Kata Kerja (Verb)
Kata kerja atau verb yang digunakan yakni verb yang dapat mendeskripsikan keadaan dan atau menggambarkan kepemilikan objek.
_ - Simple Present Tense
Unsur kebahasaan yang ada dalam report menggunakan tenses simple present. Tenses ini digunakan untuk menyatakan suatu fakta atau kebenaran.
- Kata benda umum (General Noun)
Contoh Teks Information Report
Judul: Buffalo
General Classification: Buffalo are big, strong, dark-coloured mammals with huge horns. African buffalo live in herds of several hundred – usually near water, as they love to wallow in mud. African buffalo have very bad tempers, so humans have never managed to tame them.
Description: Water buffalo are found in the wetter areas of Asia. Few are found in the wild now and they are mostly kept as farm animals. Water buffalo have been domesticated for 3.000 years. They are used to pull carts and ploughs, but they can be kept for their meat, milk, and hides. Only few survive in the wild Asia, but buffalo are released to run free in the swamps of the Northern Territory of Australia.
(Adapted from The Little Animal Encyclopedia, 2001, p. 26)
Kita akan melihat lebih dekat pada teks “Buffalo” dengan menggunakan table analisis di bawah ini:
Tabel 1.1. Buffalo | |
---|---|
MAIN IDEA | |
Species | Buffalo are big, strong, dark – coloured mammals with huge horns |
DETAILED FACTS | |
Habitat | 1) Water buffalo are found in the wetter areas of Asia. 2) Few are found in the wild now 3) Only a few survive in the wild in Asia, 4) but buffalo are released to run free in the swamps of the Northern Territory of Australia. |
Habits | 1) African buffalo live in herds of several hundred – usually near water, 2) as they love to wallow in mud |
Physical characteristics | Buffalo are big, strong, dark – coloured mammals with huge horns |
Emotional characteristics | 1) African buffalo have very bad tempers, so humans have never managed to tame them. 2) Water buffalo have been domesticated for 3.000 years. |
Functions | 1) They are mostly kept as farm animals. 2) They are used to pull carts and ploughs, 3) But they can be kept for their meat, milk, and hides. |
Demikian materi chapter IX untuk siswa siswi SMP/MTs kelas 9. Semoga bermanfaat. Tetap semangat belajar dan jaga kesehatan. Apabila ada saran atau kritik silakan tinggalkan dikolom komentar. Tim studenta open discussion ya apabila ada yang mau ditanyakan. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Stay safe, stay healthy. Thank you for reading!
Referensi :
- Buku Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas IX: Think Globally Act Locally