Materi Kelas 8: Chapter XI (Yes, We Made It!)


STUDENTA- Hallo studenta, semoga selalu dalam lindungan Allah dan semangat untuk terus menuntut ilmu. Postingan kali ini kita akan membahas materi Chapter XI mata pelajaran Bahasa Inggris bagi siswa siswi SMP/MTs kelas 9 semester II mengenai Recount Text. Materi ini diharapkan menjadi salah satu bahan referensi belajar bagi siswa maupun referensi mengajar bagi guru.

Dalam Bahasa Indonesia terdapat berbagai macam jenis text. Begitu juga dalam Bahasa Inggris. Beberapa teks Bahasa Inggris yang diajarkan di SMP/MTs disajikan secara sederhana dan diharapkan dapat membantu siswa siswi jika ingin menjadi storyteller. Nah dalam postingan chapter XI ini, teks yang akan kita bahas yakni tentang Recount Text. Apa itu recount text, let’s see the explanation.

Pengertian

Recount text yaitu suatu teks yang menceritakan atau mendeskripsikan kejadian, pengalaman, kegiatan dan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Sederhananya teks ini berisikan suatu cerita berdasarkan pengalaman di masa lampau. Ada empat jenis recount text, yang pertama personal recount yakni teks recount yang didalamnya berfungsi untuk menceritakan pengalaman pribadi dari penulis.

Kedua imaginative, yakni jenis teks recount yang berfungsi untuk menyajikan cerita atau kisah imajinatif yang setelahnya dituangkan dalam cerita peristiwa yang telah terjadi. Ketiga factual recount, yakni teks recount yang memiliki fungsi untuk menyajikan laporan peristiwa yang benar-benar terjadi atau fakta.

Keempat historical recount, yakni salah satu jenis recount text yang memiliki fungsi untuk menceritakan suatu sejarah, seperti tempat bersejarah, benda bersejarah, dan lain sebagainya.

Pada chapter XI ini, kita akan berfokus pada salah satu teks recount yakni personal recount. Dimana salah satu jenis teks recount ini akan membahas tentang pengalaman pribadi. Mari lebih dekat dengan apa itu personal recount.

Personal recount atau teks recount pengalaman pribadi yakni teks recount yang di dalamnya memuat cerita berdasarkan pengalaman pribadi penulis di masa lalu. Nah pengalaman pribadi sendiri maksudnya yaitu bisa berupa apapun, contohnya pengalaman yang menyenangkan, menyedihkan, menyeramkan, pengalaman yang lucu, dan lain sebagainya. Dalam personal recount biasanya diceritakan secara runtut atau secara kronologis yang berfungsi untuk membantu para pembaca dalam memahami rentetan cerita. Untuk itu fungsi dari personal recount yakni menghibur pembaca / entertain the readers.

Struktur Text

Struktur teks pada personal recount sebagaimana struktur recount text pada umumnya, yakni:

  • Orientation
    Pada bagian ini berisikan tentang latar belakang cerita, seperti tokoh, tempat, waktu peristiwa atau kejadian terjadi.
  • Events
    Events atau peristiwa berisi tentang kronologis atau kejadian peristiwa dan pengalaman yang terjadi secara rinci, seperti how (bagaimana) dan why (mengapa) cerita terjadi. Pada bagian ini diceritakan secara kronologis atau beruntut.
  • Reorientation
    Pada bagian ini berisi tentang penutup cerita, rangkuman atau bias juga komentar atau pendapat penulis tentang pengalaman yang dialaminya.
Unsur Kebahasaan

Dalam recount text ada beberapa unsur kebahasaan yang digunakan untuk membuat teks. Unsur kebahasaan tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Menggunakan Past Tense
    Dalam text recount biasanya digunakan tenses Simple Past Tense. Tenses tersebut digunakan untuk menceritakan kembali apa yang terjadi di masa lampau, contohnya I went to the museum (Saya pergi ke Musium). Selain simple past tense, terkadang bisa juga mengunakan past continuous dan past perfect tense. Namun dalam materi ini kita lebih berfokus pada tenses Simple Past Tense.
  2. Nouns (Kata Benda)
    Nouns atau kata benda banyak digunakan dalam recount text untuk menjelaskan apa dan siapa, contohnya my brother, the house, dan lain sebagainya.
  3. Action Verbs (Kata Kerja Tindakan)
    Action verbs digunakan pada recount text sebab di dalam teks tersebut terdapat banyak tindakan yang dilakukan dalam kejadian yang diceritakan, contohnya visited, went, met, wrote, dan lain sebagainya.
  4. Adverbs (Kata Keterangan)
    Adverb atau kata keterangan digunakan pada teks recount untuk menjelaskan kata kerja atau verb, contohnya in the bitch, at my school, a year ago, last month, dan lain sebagainya.
  5. Conjunction and time connectives
    Conjunction and time connectives atau kata hubung dan penghubung waktu digunakan dalam recount text untuk menunjukkan bahwa peristiwa atau kejadian terjadi secara runtut/beraturan, contohnya after, than, before, and, but, so, dan lain sebagainya.
Contoh Recount Text diambil dari Buku Siswa SMP/MTs Kelas 8: “When English Rings a Bell”:

Perhatikan contoh recount text berikut ini. Studenta bisa perhatikan pola kalimat yang digunakan dalam contoh tersebut. Contoh ini dapat studenta gunakan sebagai bahan belajar dalam membuat recount text.

  • My brother, Rizal, and I made the garden benches after my father cut down the old mango tree behind our house three weeks ago. We saw a big piece of wood. Then we had an idea. We told Dad we wanted to make garden benches. He agreed and he would help us. Then, he sawed the trunk into three pieces. 25 cm in diameter, and 25 cm in height. After that, Rizal and I rubbed them with sandpaper to make them smooth. After that, we dried them in the sun for one week. When they were dry, we painted them, one green, one red, and one blue. Finally, we dried them in the sun again for three days.
  • Rena: “You said your little sister did something funny this morning. What is that?
    Luna: “Yes, last Saturday, my little sister, Dina, did something funny. She got up very late, at six. She ran fast to the bathroom. She thought she would be late to school. She forgot it was Saturday. She took a very quick bath, got dressed, took her bag, and ran off to school. She did not even have breakfast. After walking for five minutes, she noticed that no other children were going to school. Soon she realized it was Saturday! So, she walked back home. We all laughed at her when she got home. She also laughed at herself. Then she changed her clothes, and went back to bed! My naughty sister!

Demikian materi chapter XI tentang recount text. Studenta bisa mencoba membuat recount text dengan menceritakan pengalaman pribadi studenta baik moment bahagia atau mungkin moment yang sangat lucu. Hal ini dapat membantu studenta dalam memahami materi pada bab ini sekaligus mengasah keterampilan menulis studenta. Dalam membuat teks ini juga secara tidak langsung kita belajar menggunakan tenses past. Selamat mencoba dan terus belajar ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Stay safe and stay healthy. Thanks for reading!


Download Materi


What's Your Reaction?

Terharu Terharu
3
Terharu
Sedih Sedih
6
Sedih
Bingung Bingung
33
Bingung
Marah Marah
6
Marah
Suka Suka
15
Suka
Lusi Nurkhayati
Menyapa lewat kata, melihat dengan nurani, berbagi melalui tulisan di sini, berharap tetap abadi.