Materi Kelas 8 : Chapter VII (My Uncle is a Zoo Keeper)


STUDENTA- Hallo studenta, setelah melalui semester ganjil (I) yang lumayan panjang, kini kita berjumpa di awal semester genap (II). Semoga di semester lalu hasil belajar studenta semua memuaskan ya (Aamiin). Apabila masih ada yang perlu ditanyakan berkaitan dengan materi semester genap, silakan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar atau bisa juga hubungi kami melalui Instagram @idstudenta ya.

Materi kali ini merupakan rangkuman singkat materi Chapter VII mata pelajaran Bahasa Inggris bagi siswa siswi SMP/MTs kelas 8 semester II mengenai Simple Present Tense. Rangkuman ini bertujuan sebagai bahan referensi untuk belajar bagi siswa-siswi maupun referensi mengajar untuk guru. Mari kita lihat apa itu Simple Present Tense.

Simple Present Tense

Simple present tense adalah tenses yang digunakan untuk mengekspresikan peristiwa yang terjadi secara berulang-ulang atau menjadi rutinitas seperti menyatakan aksi berupa kebiasaan, hobi, dan fakta.

Penggunaan Simple Present Tense

Simple present tense digunakan untuk menyatakan peristiwa yang terjadi pada saat sekarang. Simple present tense digunakna untuk meyatakan general truth / kebenaran umum, contohnya: the sun sunrises in the east (matahari terbit di timur). Tenses ini juga digunkana untuk menggambarkan tindakan yang menjadi rutinitas atau menjadi kebiasaan yang berulang (habitual actions). Selain itu, simple present tense juga digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sudah terjadwal / direncanakan.

Rumus Simple Present Tense

Simple present tense memiliki dua bentuk kalimat didalamnya. Pertama yakni kalimat nominal. Kalimat nominal merupakan kalimat yang tidak ada verb di dalamnya tetapi biasanya dalam kalimat tersebut terdapat adjective, noun, adverb, dan lain-lain. Kedua yakni kalimat verbal. Kalimat tersebut merupakan kalimat yang di dalamnya terdapat verb. Untuk lebih jelas mari perhatikan rumus dari kalimat nominal dan kalimat verbal.

Kalimat Nominal
  • (+) Subject + to be + adj/noun/adverb
    Examples :
    I am a teacher / Saya seorang guru
    My parents are happy / Orang tua saya bahagia
    She is very beautiful / Dia sangat cantik
  • (-) Subject + to be + not + adj/noun/adverb
    Examples:
    She is not happy with her marriage / Dia tidak Bahagia dengan pernikahannya
    Your father is not angry / Ayahmu tidak marah
    I am not a doctor / Saya bukan dokter
  • (?) To be + Subject + adj/noun/adverb
    Examples:
    Are you a teacher? / Apakah kamu seorang guru?
    Is she happy with her marriage? / Apakah dia Bahagia dengan pernikahannya?
    Are Salsa and Teddy in the classroom? / Apakah Salsa dan Teddy di kelas?

    Note
    : Subject I menggunakan to be am, Subejct They, We, You menggunakan to be are, Subject She, He, It menggunakan to be is.
Kalimat Verbal
  • (+) Subject + Verb 1 / + s/es + Object + adverb + …
    Examples:
    My sister likes banana / Saudara perempuan saya suka pisang
    Cindy studies every three a.m. / Cindy belajar setiap pukul tiga pagi
    We go to hospital every Saturday / Kami pergi ke rumah sakit setiap hari Sabtu
  • (-) Subject + Verb 1 + does/do + not + Object + adverb + …
    Examples:
    My sister does not like banana / Saudara perempuan saya tidak suka pisang
    Cindy does not study every three a.m. / Cindy tidak belajar setiap pukul tiga pagi
    We don’t go to hospital every Saturday / Kami tidak pergi ke rumah sakit setiap hari Sabtu
  • (?) Does/do + Subject + Verb 1 + Object + adverb + …
    Examples:
    Do you have bicycle? / Apakah kamu mempunyai sepeda?
    Does she like banana? / Apakah dia menyukai pisang?
    Do you go to hospital every Saturday? / Apakah kalian pergi ke rumah sakit setiap hari Sabtu?

    Note: Subject She, He, It kata kerjanya / V1 ditambah s/es tetapi di dalam kalimat negative maupun kalimat tanya subject tersebut kata kerjanya tanpa s/es. Sedangkan untuk subject I, You, They, We kata kerjanya tetap atau masih utuh. Untuk membuat kalimat negative dan kalimat tanya digunakan kata bantu do/does.
Untuk memudahkan kalian, perhatikan aturan kata kerja (Verb) untuk orang ketiga tunggal seperti She, He, It yang ditambahkan akhiran s/es:
  • Pertama, kata kerja / Verb yang berakhiran -sh, -s, -ch, -o, -x, atau -z mendapatkan akhiran -es. Contohnya go menjadi goes, wash menjadi washes, etc.
  • Kedua, kata kerja yang berakhiran -y dan didahului dengan huruf consonant / mati mendapatkan akhiran -es dengan merubah akhirannya dari -y menjadi -i. Contohnya study menjadi studies, cry menjadi cries, dye menjadi dies, etc.
  • Ketiga, Verb yang berakhiran -y dan didahului dengan huruf vowel / hidup mendapatkan akhiran -s dengan tidak mengubah akhirannya dari -y menjadi -i. contohnya enjoy menjadi enjoys, stay menjadi stays.
  • Keempat, selain dari aturan kata kerja / Verb yang sudah dijelaskan pada poin satu sampai tiga, mendapat akhiran -s. Contohnya cook menjadi cooks, read menjadi reads, sing menjadi sings, etc.
  • Kelima, khusus jika menggunakan subject orang ketiga tunggal seperti She, He, It, untuk kata kerja Have berubah menjadi Has.

Jadi simple present tense bisa kita gunakan saat kita menjelaskan sebuah fakta seperti mendeskripsikan hewan dan lain-lain. Tenses ini juga biasa kita gunakan untuk menjelaskan aktifitas sehari-hari atau daily activities. Kalian bisa coba praktik dengan membuat list aktifitas sehari-hari kalian dari bangun tidur sampai hendak tidur dengan menggunakan bahasa inggris. Hal ini bisa membantu kalian untuk lebih memahami tenses ini.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk belajar bahasa inggris. Thank you very much.

Download PDF

Download (415)


What's Your Reaction?

Terharu Terharu
5
Terharu
Sedih Sedih
7
Sedih
Bingung Bingung
39
Bingung
Marah Marah
5
Marah
Suka Suka
30
Suka
Lusi Nurkhayati
Menyapa lewat kata, melihat dengan nurani, berbagi melalui tulisan di sini, berharap tetap abadi.

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *