Materi Kelas 8 : Chapter VI (Our Busy Roads)


STUDENTA- Tulisan ini merupakan rangkuman singkat materi Chapter VI; mata pelajaran Bahasa Inggris bagi siswa siswi SMP/MTs kelas 8 semester I mengenai There is There are. Rangkuman ini bertujuan sebagai bahan referensi untuk belajar bagi siswa-siswi maupun referensi mengajar untuk guru.

Sebelum kita membahas materi untuk menyatakan keberadaan benda, orang, binatang, dan sesuatu / existence, kita akan memberikan beberapa kosa kata / vocabularies yang berhubungan dengan tema atau disekitarnya yakni tentang roads atau di jalan raya.

Vocabularies (Kosa kata)
Words / KataArti
PeopleOrang
CarMobil
BicycleSepeda
MotorcycleSepeda motor
AmbulanceAmbulans
TruckTruk
BusBus
DriverSupir
Traffic lightLampu lalu lintas
Traffic signRambu lalu lintas
TrainKereta
Traffic jamKemacetan
VehicleKendaraan
PassengerPenumpang
PedestriansPejalan kaki
WaterAir
CrossroadPerempatan
T-junctionPertigaan
CrossroadPenyebrangan jalan
BridgeJembatan
RoadJalan
SmokeAsap
CrowdedRamai/sesak
TaxiTaksi

Setelah kita mengetahui beberapa kosa kata disekitar jalan raya, sekarang kita masuk ke materi utama. Materi kali ini tidak hanya ada disekitaran jalna raya, namun cakupannya luas. Pada bab ini yang akan dipelajari yaitu there is there are dan quantifier. Selain materi tersebut, kita juga akan membahas materi tentang countable dan uncountable noun, dan artikel/kata sandang (a/an dan the). Mari kita bahas satu persatu.

There is dan There are

“There is” dan “There are” memiliki arti yang sama yaitu “ada”. Keduanya digunakna untuk menunjukkan keberadaan sesuatu seperti benda, manusia, binatang, dan lainnya. Yang membedakan antara “there is” dna “tehre are” yakni jumlahnya. Maksdunya yaitu “there is” digunakna untuk menunjukkan keberadaan benda tunggal (singular), sedangkan “there are” digunakan untuk menunjukkan keberadaan benda jamak (plural). “There is” disingkat menjadi “there’s”.

Contoh kalimat “there is”

  • There is a book on the table
  • There is little discipline on the road
  • There is one girl with plaits
  • There’s one boy with wavy hair
  • There is too much water during the rainy season
  • There is very much worry on our roads

Contoh kalimat “there are”

  • There are a lot of more stars in small village
  • There are very few policemen around
  • There are also many pedestrians
  • The roads are very busy now
  • There are many vehicle
  • There are different kinds of public transportation
  • There are many people who cross the roads

Nah dari contoh diatas, kita dapat melihat ada beberapa kalimat yang menggunakan kata sandang / article seperti a / an dan the. Ketiga kata sandang tersebut memiliki arti sebuah, seekor, seorang atau satu. Tetapi ada perbedaan diantara ketiganya. Perbedaannya yaitu kata sandang a digunakan untuk benda yang hurufnya berawalan konsonan.

Sedangkan kata sandang an diikuti dengan benda yang hurufnya berawalan vocal (a, i, u, e, o). Sedangkan untuk kata sandang the digunakan untuk menyebutkan benda yang sebelumnya sudah disebutkan. Maksudnya adalah a dan an bersifat umum sedangkan the bersifat khusus. Contohnya: an apple dengan the apple. Kata an apple maknanya yaitu apel mana saja dan jenis apa saja yang sedang dibicarakan (konteksnya luas/umum), sedangkan the apple maknanya yaitu buah apel yang sudah diketahui apel yang mana dan jenis apa (konteksnya khusus).

Selain article / kata sandang, dalam contoh di atas juga terdapat quantifier. Ada empat quantifier yaitu Many, Much, A few, dan A little/little. Berikut penjelasannya.

Many & Much

Keduanya memiliki arti yang sama yakni banya. Meski demikian, ada perbedaan diantara keduanya. Many digunakan untuk benda yang dapat dihitung / countable noun, sedangkan much digunakan untuk benda yang tidak dapat dihitung / uncountable noun. Benda yang dapat dihitung contohnya motorcycle, car, people, traffic sign, book, lion, etc., sedangkan benda yang tidak dapat dihitung contohnya sugar, salt, money, coffee, ink, smoke, water, sand, etc. Yang perlu diingat adalah untuk benda tidak dapat dihitung yang menempati tempat / wadah dianggap bisa dihitung namun dijamak yakini wadahnya bukan isinya. Contohnya three glasses of coffee, one kilogram of sugar, etc.

A lot of & A little / A few

A lot of yaitu berarti banyak. Quantifier ini bisa digunakan untuk benda baik countable maupun uncountable nouns. Sedangkan a little dan a few berarti sedikit. Keduanya memiliki perbedaan yakni a little digunakan untuk benda yang tidak dapat dihitung, sedangkan a few untuk benda yang dapat dihitung. Selain itu juga ada some/several berarti beberapa yang digunakan untuk benda yang dapat dihitung maupun tidak.

Demikian postingan kita kali ini. Semoga bermanfaat dan makin menambah wawasan kita semua. Apabila ada kekeliruan mohon untuk disampaikan. Mari kita belajar dan berdiskusi bersama. Tunggu postingan selanjutnya ya. Thank you and see you.

Referensi : When English Rings a Bell, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2014

Download PDF

Download (473)


What's Your Reaction?

Terharu Terharu
11
Terharu
Sedih Sedih
15
Sedih
Bingung Bingung
52
Bingung
Marah Marah
13
Marah
Suka Suka
55
Suka
Lusi Nurkhayati
Menyapa lewat kata, melihat dengan nurani, berbagi melalui tulisan di sini, berharap tetap abadi.

13 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *