STUDENTA – Hallo studenta, semoga tetap sehat dan selalu semangat mencari ilmu. Pada postingan kali ini, pembahasan akan berkaitan dengan Job/Profession, Habit (Simple present tense), Animal activities, Things and their functions. Materi ini diharapkan menjadi salah satu bahan referensi belajar bagi siswa SMP/MTs kelas 7 maupun referensi mengajar bagi guru.
Mari kita bahas satu per satu, dimulai dari profession/Occupation.
Job/Profession
Job/Profession yakni profesi atau pekerjaan. Berikut ini beberapa kosa kata tentang profesi dan contoh kalimat dalam sebuah dialog.
Vocabulary | Meaning |
---|---|
Actor/actress | Aktor/pemain film |
Architect | Arsitek |
Athlete | Atlit/olahragawan |
Bricklayer | Tukang batu |
Butcher | Penjual daging |
Carpenter | Tukang kayu |
Cashier | Kasir |
Chef | Koki/juru masak |
Civil servant | PNS |
Dancer | Penari |
Dentist | Dokter gigi |
Designer | Desainer/perancang |
Director | Direktur |
Doctor | Dokter |
Driver | Supir |
Engineer | Insinyur |
Farmer | Petani |
Fireman | Pemadam kebakaran |
Fisherman | Nelayan |
Gardener | Tukang Kebun |
Headmaster | Kepala Sekolah |
Journalist | Wartawan |
Judge | Hakim |
Lawyer | Pengacara |
Librarian | Petugas Perpustakaan |
Manager | Manajer |
Mechanic | Montir |
Nurse | Perawat |
Painter | Pelukis |
Pilot | Pilot |
Plumber | Tukang Pipa/ledeng |
Policeman | Polisi |
Porter | Kuli |
Programmer | Programer/ahli program |
Receptionist | Penerima tamu (hotel) |
Reporter | Penyiar berita |
Sailorman | Pelaut |
Salesman | Sales/marketing |
Secretary | Sekretaris |
Security guard | Satpam/keamanan |
Singer | Penyanyi |
Soldier | Tentara |
Stewardess | Pramugara/pramugari |
Student | Siswa |
Surgeon | Dokter bedah |
Tailor | Penjahit |
Teacher | Guru |
Typist | Juru ketik |
Waiter/Waitress | Pelayan |
Writer | Penulis |
Contoh kalimat:
🧔 Mr. Hasan : “Budi, what does your father do?”
🧑 Budi : “My father is a farmer. He plants and grows rice”
🧔 Mr. Hasan : “That’s great! How about you, Radit, what does your father do?”
👦 Radit : “He is a teacher. He teaches mathematics in junior high school”
🧔 Mr. Hasan : “That is wonderful!”
Habit (Simple Present Tense)
Habit yaitu kebiasaan. Yang namanya kebiasaan itu dilakukan secara terus menerus dan berulang. Oleh sebab itu, untuk menyatakan kalimat tentang kebiasaan dalam Bahasa Inggris, digunakan tenses simple present tense.
Simple present tense yakni salah satu tenses yang digunakan untuk aktifitas atau kegiatan yang dilakukan secara berulang atau yang menjadi kebiasaan (habitual actions), contohnya: I teach English at SMP Muda every Wednesday (Saya mengajar Bahasa Inggris di SMP Muda setiap hari Rabu). Selain itu, tenses ini juga digunakan untuk menyatakan kebenaran secara umum (general truth), contohnya: The sun sunrise in the east (Matahari terbit di timur). Simple present tense juga digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sudah terjadwal atau di rencanakan, contohnya: The course begins at ten o’clock (Kursus dimulai pada pukul sepuluh), serta digunakan untuk menyatakan kegiatan yang terjadi pada masa sekarang, contohnya: She is in her class now (Dia ada di kelasnya sekarang).
Terdapat dua rumus dalam tenses ini, yakni untuk kalimat yang memiliki verb / kata kerja dan kalimat yang tidak memiliki verb dan biasanya menggunakan nomina, seperti noun (kata benda), adjective (kata sifat), dan adverb (kata keterangan). Berikut ini rumus simple present tense.
Kalimat Nominal
(+) Subject + to be + adj/noun/adverb
Ex:
- I am a designer / Saya seorang desainer
- They are very handsome / Mereka sangat tampan
- The class is very clean / Kelas sangat bersih
(-) Subject + to be + not + adj/noun/adverb
Ex:
- She is not a designer / Dia bukan desainer
- Your sister is not angry, but she is hungry / Kakak perempuanmu tidak marah, tapi dia lapar
- He is not diligent / Dia tidak rajin
(?) To be + Subject + adj/noun/adverb
Ex:
- Is she a designer? / Apakah dia seorang desainer?
- Are they angry with me? / Apakah mereka marah kepada ku?
- Am I beautiful? / Apakah saya cantik?
Note:
- Subjek I berpasangan dengan to be am
- Subject They, We, You berpasangan dengan to be are
- Subject She, He, It berpasangan dengan to be is
Kalimat Verbal
(+) Subject + Verb 1 + s/es + Object + adverb + …
Ex:
- Anita studies very hard every day. / Anita belajar sangat keras setiap hari.
- Ani and Budi visit their grandma every weekend. / Ani dan Budi mengunjungi nenek mereka setiang akhir pekan.
- My mother goes to her office by motorcycle. / Ibuku pergi ke kantor dengan sepeda motor.
(-) Subject + Verb 1 + does/do + not + object + adverb + …
Ex:
- My brother does not like grape / Saudara laki-lakiku tidak suka anggur.
- We don’t visit our grandma every weekend. / Kami tidak mengunjungi nenek kami setiap akhir pekan.
- I don’t like romance novel. / Saya tidak suka novel romantis.
(?) Does/do + Subject + Verb 1 + Object + adverb + …
Ex:
- Does he like grape? / Apakah dia menyukai anggur?
- Do you read a romance novel? / Apakah kamu membaca novel romantis?
- do you go to school by a bus? / Apakah kamu pergi ke sekolah dengan bus?
Note:
- Subject she, he, it kata kerjanya (V1) ditambah s/es, tetapi di dalam kalimat negative maupun kalimat tanya kata kerjanya tanpa s/es
- Subject I, you, we, they kata kerjanya (V1) masih utuh
- Untuk membuat kalimat negative dan kalimat tanya digunakan kata bantu do/does
Aturan kata kerja (Verb) untuk orang ketiga tunggal seperti She, He, It yang ditambahkan akhiran s/es :
Pertama, kata kerja yang berakhiran -sh, -s, -ch, -o, -x, atau -z mendapatkan akhiran -es. Contohnya go menjadi goes, wash menjadi washes, etc.
Kedua, kata kerja yang berakhiran -y dan didahului dengan huruf consonant / mati mendapatkan akhiran -es dengan merubah akhirannya dari -y menjadi -i. Contohnya study menjadi studies, cry menjadi cries, dye menjadi dies, etc.
Ketiga, kata kerja yang berakhiran -y dan didahului dengan huruf vowel / hidup mendapatkan akhiran -s dengan tidak mengubah akhirannya dari -y menjadi -i. contohnya enjoy menjadi enjoys, stay menjadi stays.
Keempat, selain dari aturan kata kerja yang sudah dijelaskan pada poin satu sampai tiga, mendapat akhiran -s. Contohnya cook menjadi cooks, read menjadi reads, sing menjadi sings, etc.
Kelima, khusus jika menggunakan subject orang ketiga tunggal seperti She, He, It, untuk kata kerja Have berubah menjadi Has.
Animal Activities
Animal | Activity |
---|---|
Bat | It flies, hangs on tree |
Bee | It stings, suck nectar |
Birds | It flies, sings, perches on tree |
Buffaloes | It eats grass |
Butterfly | It flies, sucks nectar |
Cats | It sleeps, eats fish |
Dogs | It barks |
Fish | It swims |
Frog | It jumps |
Horses | It runs, gallops |
Kangaroos | It jumps |
Lizard / Gecko | It crawls, eats mosquitos |
Rabbit | It eats carrot |
Snakes | It bites |
Tigers / Lion | It roars, eats meat, attacks preys |
Turtles | It swims |
Contoh kalimat:
- Look Anna! that is butterfly. The color is pretty. It flies.
- Tom this is snake. It’s wild animal. It bites!
- Jerry, this is my cat. She has black fur. She sleeps.
Things and Their Functions (Benda-benda dan fungsinya)
Pada point ini akan dibahas tentang benda-benda tertentu beserta fungsinya. Benda-benda tersebut baik yang ada di lingkungan sekolah maupun di rumah atau tempat-tempat tertentu. Berikut ini beberapa benda-benda dan fungsinya.
Things | Function / Use |
---|---|
Bag | To save our school stationaries inside |
Board marker | To write on a whiteboard |
Bowl | To put meatball, soup |
Broom | To clean / sweep the floor |
Chair | To sit on |
Eraser | To erase |
Fan | To make the room fresh, cold |
Garden | To plant flower and plants |
Glass | To put water, drink |
Lamp | To lighten a room |
Pen / pencil | Instruments to write on the book |
Plate | To put food or rice |
Playground | Place to play |
Ruler | To make straight line |
School yard | To have a flag ceremony |
Spoon / fork | To eat with |
Stove | Equipment / tool for cooking / to cook |
Table | To put something |
Vase | To put / place flower |
Whiteboard | A board / place to write with a board marker |
Contoh kalimat:
- This is a bowl. It’s round. We put soup into it.
- The chair is cute. It’s very comfortable. I sit on it.
Demikian materi kelas 7 untuk siswa SMP/MTs. Mari belajar bersama. Apabila ada kekeliruan maupun saran silakan tinggalkan di kolom komentar atau hubungi tim studenta. Semoga bermanfaat. See you next chapter. Stay safe and stay healthy. Thank you for reading!